Pertama di Bantul: Ujicoba Pelaksanaan Program Review

20 Mei 2022
Administrator
Dibaca 79 Kali
Pertama di Bantul: Ujicoba Pelaksanaan Program Review

Perkembangan masyarakat yang cepat dan kritis membuat Pemerintah haru terus bersinergi dan berkembang bersama masyarakat. Salah satu inisiasi untuk menampung aspirasi warga masyarakat Pemerintah Kalurahan Guwosari bekerjasama dengan TIFA dan Japan Initiative mengelar "Uji Coba Program Review" di Kalurahan Guwosari.

Program Review sendiri merupakan sebuah program yang dikabarkan sukses dilaksanakan di Jepang sejak bertahun-tahun yang lalu. Program ini dianggap mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pembangunan dengan melibatkan peran serta masyarakat. 

Melelui program ini akan didapat masukan langsung dari masyarakat dalam mengevaluasi pelaksanaan dan hasil seluruh program pemerintah, baik fisik maupun non-fisik. Metode ini digunakan untuk menentukan kelanjutan sebuah program, apakah program tersebut akan dilanjutkan, diperbaiki, diganti pelaksanaannya, ataupun dihentikan.

Program ini melibatkan sejumlah pihak, seperti panitia penyelenggara, pegawai pengampu program, moderator, evaluator, dan warga penilai. Evaluator dan warga penilai memiliki peran sentral dalam penilaian. Evaluator merupakan pihak luar yang diundang di dalam program untuk memberikan penilaian dan pandangan terhadap implementasi program yang tengah dievaluasi. 

Di Kalurahan Guwosari, kegiatan dilaksanakan pada Jumat, 20 Mei 2022(kemarin) dengan 2 program kegiatan yang menjadi pokok review, yaitu: Program Pemberian Makanan Tambahan bagi Balita, dan Program Pembangunan rumah Layak Huni.

Hasil dari Kegiatan ini menjadi sebuah saran ataupun masukan untuk Pemerintah Kalurahan Guwosari dalam membuat program kegiatan di masa yang akan datang.

 


"Tetap Jaga Jarak, Cuci Tangan dan Pakai Masker"

_
Tetap terhubung dengan kami melalui:
Whatsapp: 081222484200
Facebook: Kalurahan Guwosari
Instagram: @desaguwosari
Website: guwosari.desa.id

_
Mari bersama-sama Nyawiji mBangun Kalurahan Guwosari
#KalurahanGuwosari
#KapanewonPajangan #Bantul #Tifa #JapanInitiative