Muskal: Laporan Pertanggungjawaban BUMDes Guwosari 2023 dan Pemberhentian Direktur & Pengawas BUMDes

05 April 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 53 Kali
Muskal: Laporan Pertanggungjawaban BUMDes Guwosari 2023 dan Pemberhentian Direktur & Pengawas BUMDes

Telah diselenggarakan Musyawarah Kalurahan mengenai Laporan Pertanggungjawaban Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahun 2023 dan Pemberhentian Direktur & Pengawas BUMDes, pada Jumát 05 April 2024. Musyawarah tersebut dilaksanakan pada pukul 13.30 sampai selesai di ruang aula kalurahan Guwosari. Hadir dalam acara ini Bapak Anjar Arintaka Putra, S.SOS, MM selaku perwakilan dari Panewu Pajangan, Kapolsek Pajangan, Danramil Pajangan, Bapak Masduki Rahmad, SIP selaku lurah Guwosari, Bapak Nur Hidayad selaku carik Guwosari, jajaran pamong desa dan Bamuskal Guwosari.

Musyawarah kalurahan dibuka oleh Bapak Nur Kholis, S.Sos.I selaku ketua Musyawarah Kalurahan dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan pembukaan bacaan Bassmallah. Dilanjutkan untuk agenda musyawarah kalurahan yang dipimpin oleh Bapak H. Muhaimin, S.Th.I., M.H. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan gambaran teknis pelaksanaan Musyawarah Kalurahan  yang akan dilaksanakan.

Bapak Anjar Arintaka Putra, S.Sos., MM menyampaikan bahwa Laporan Pertanggungjawaban BUMDes Guwosari Maju Sejahtera sudah berjalan dengan baik dan sesuai rencana yang dijadwalkan. Beliau memberikan apresiasi kepada pemerintah kalurahan Guwosari yang sudah menyelenggarakan musyawarah kalurahan setiap tahunnya dengan baik dan maksimal. Harapan kedepan BUMDes Guwosari Maju Sejahtera semakin baik dan bisa memberikan kontribusi yang besar serta menjadi sebagian pendapatan asli dari Kalurahan. 

Selanjutnya penyampaian materi dari Bapak Masduki Rahmad, SIP selaku lurah Guwosari. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bamuskal yang mampu melaksanakan musyawarah kalurahan secara efektif. Selain itu, beliau menyampaikan  sejarah berdirinya BUMDes di Guwosari dengan beberapa perubahannya. BUMDes Guwosari Maju Sejahtera sudah berdiri selama 8 tahun dan mengalami pergantian direktur selama 6 kali dengan berbagai macam dinamika, sehingga kedepan bisa dievaluasi kembali supaya lebih maju dan bisa memberikan profit yang lebih baik.

Penyampaian materi selanjutnya oleh Bapak Yoga Pradana, S.T selaku Direktur BUMDes. Beliau menyampaikan bahwasanya dengan modal awal di tahun 2023, BUMDes mengalami peningkatan pendapatan tahun 2022 s/d 2023 melalui budidaya magot sejumlah 205%. Sedangkan untuk retribusi, penjualan rosok, kunjungan/pelatihan dan sewa alat catering juga mengalami kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya. Namun BUMDes mengalami beberapa kendala salah satunya adalah terkait dengan sampah yang sampai saat ini belum mampu termanfaatkan secara maksimal untuk masyarakat. Selain itu, terkait dengan fasilitas camping ground yang disewakan juga belum mampu terjual sesuai dengan target. Hal ini kemungkinan karena faktor kurangnya tim pemasaran.

Berdasarkan musyawarah kalurahan yang telah diselenggarakan, kesimpulan yang disampaikan oleh Bapak H. Muhaimin, S.Th.I, M.H selaku pengawas BUMDes diantaranya:
Pengunduran diri Bapak Yoga Pradana, S.T sebagai Direktur BUMKal, Bapak Muhaimin, S.Th.I, M.H sebagai Pengawas BUMDes dan Bapak Muhammad Faza Muzakki, SE  sebagai Sekretaris disetujui dengan catatan :
1.    Melakukan perbaikan dan revisi LPJ yang sudah ada, deadline 30 April 2024
2.  Penyerahan dokumen Rencana Program Kerja, sebagai pegangan pengawas untuk melaksanakan tugas dengan deadline 30 April 2024
3.    Disegerakan membuat Tata Tertib dan Peraturan Kerja BUMKal dengan deadline 30 April 2024
4.    Dilakukan evaluasi kinerja dari pengurus sebelumnya, yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir April 2024
5.    Peserta rapat dan Bamuskal mengusulkan beberapa calon kandidat untuk mengisi posisi Direktur dan pengawas
(Venni)