Pembuatan Titik Lokasi UMKM di Karangber Melalui Google Maps

18 Maret 2024
Univ Alma Ata
Dibaca 41 Kali


Karangber – Mahasiswa KKNT Kelompok 5 Universitas Alma Ata telah melakukan program kerja pendampingan pembuatan titik lokasi UMKM melalui Google Maps di Padukuhan Karangber. Kegiatan tersebut dilakukan karena terdapat permasalahan yaitu masih ada beberapa UMKM di Padukuhan Karangber yang belum terdaftar di Google Maps. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 27 Februari – 06 Maret 2024.

Pembuatan titik lokasi UMKM di Karangber Melalui G-Maps dilakukan di setiap rumah pelaku UMKM, diantaranya yaitu di rumah Bu Purwati RT 01 yang memiliki UMKM susu kedelai yang bernama Rozaqtana Susu Kedelai Murni. Setelah itu, di rumah Pak Sahid RT 04 yang memiliki UMKM tempe SHD Tempe. Selanjutnya di rumah Bu Ranti RT 04 yang memiliki UMKM makanan ringan yang bernama Snack Bu Ranti. Kemudian di rumah Bu Tutut RTN04 yang memilliki UMKM Snack Box dan Nasi Box yang bernama Dante and Cookies. Lalu, di rumah Bu Santi RT 02 yang memiliki UMKM Jamu dan Keripik Emping yang bernama Jamu Mak San.

Pada kegiatan menitikkan lokasi UMKM pada G-Maps dimulai dari proses menambahkan tempat pada bagian kontribusi, kemudian menambahkan detail tempat diantaranya yaitu nama tempat, kategori, alamat, dan lokasi. Setelah itu, menambahkan detail lain diantaranya yaitu nomor telepon, jam buka, situs atau foto untuk memudahkan Google memverifikasi tempat, jika sudah terisi semuanya klik kirim.