POSYANDU LANSIA DAN BALITA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT

29 Juli 2022
Dibaca 124 Kali

Pada Selasa, 19 Juli 2022, KKNT Periode ke-3 Kelompok 4 Universitas Alma Ata melaksanakan kegiatan Posyandu Balita dan Lansia bertempat di kediaman Bapak Dukuh Dusun Gandekan bersama Petugas Kesehatan Desa dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas. Kegiatan Posyandu untuk bayi dan balita meliputi Pemantauan Status Gizi seperti penimbangan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan atas (LILA) sedangkan bagi lansia meliputi konsultasi kesehatan, penimbangan berat badan dan pemeriksaan tekanan darah.

Posyandu memiliki peran penting bagi masyarakat. Beberapa kegiatan utama Posyandu yaitu Program Kesehatan Bagi Ibu hamil, Program Kesehatan Anak, Keluarga Berencana (KB), Imunisasi, Pemantauan Status Gizi, Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kegiatan Posyandu Lansia dan Balita ini ditujukan untuk memantau pertumbuhan dan juga gizi pada balita dan lansia dengan cara melakukan pengecekan serta pemberian edukasi kepada para orang tua kepada balitanya serta kepada lansia agar hidup lebih sehat lagi. Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini dapat dilakukan diberbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya seperti kegiatan Posyandu Lansia dan Balita yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT Universitas Alma Ata.

Kegiatan ini berlangsung dan disambut dengan baik oleh masyarakat Gandekan. Hal ini dapat dilihat dari tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam memgikuti kegiatan Posyandu Lansia dan Balita ini. Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif kepada seluruh masyarakat Gandekan dan khususnya kepada kami selaku anggota kelompok KKNT Periode ke-3 Universitas Alma Ata untuk terus belajar dan juga memberikan kontribusi dalam kehidupan sosial dan masyarakat.

(by: Nurul Ramadhan-Sie Acara, klp.4 kknt-Gandekan)