KKN-K Kembang Putihan: Mahasiswa KKN UIN Dampingi Pesantren Ramadhan SDN Kembang Putihan

26 Maret 2024
KKN UIN
Dibaca 72 Kali
KKN-K Kembang Putihan: Mahasiswa KKN UIN Dampingi Pesantren Ramadhan SDN Kembang Putihan

Bantul - Selain menjalankan pengabdian masyarakat berupa penelusuran peradaban Islam di Pajangan, tim KKN Konversi UIN Sunan Kalijaga turut mendampingi Pesantren Ramadhan dan Buka Bersama Keluarga Besar SDN Kembang Putihan 1445 H pada Jum'at (22/3/24) sampai Sabtu (22/3/24). Bertempat di komplek SDN Kembang Putihan yang beralamat lengkap di Kembang Putihan, Guwosari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, DIY. Kegiatan Pesantren Ramadhan berlangsung selama dua hari satu malam dari Jum'at sore pukul 15.30 WIB hingga Sabtu pagi pukul 05.30 WIB. Pondok Ramadhan adalah sebuah kegiatan yang berisi aktivitas keagamaan seperti sholat tarawih, witir, dan tahajud berjamaah; tadarus bersama; mendengarkan tausiyah dan kisah islami; serta kuis Islami. Kegiatan ini merupakan ikhtiar pihak sekolah untuk memperkuat pembiasaan nilai-nilai ibadah di bulan suci Ramadhan sekaligus melatih tanggung jawab dan kemandirian siswa.

20240326_211933

Agenda diawali dengan registrasi siswa dan penataan tempat tidur. Agenda dilanjutkan dengan pengondisian siswa di aula SDN Kembang Putihan yang diisi oleh mahasiswa KKN konversi UIN Sunan Kalijaga dusun Kembang Putihan berupa perkenalan tim dan game bersama. Selanjutnya pembukaan acara dilanjutkan sambutan ketua panitia, Ibu Suryani, S.Pd. serta kepala sekolah, Ibu Eti Surwantini, M.Pd. yang memberikan motivasi bagi anak-anak untuk menyukseskan program tahunan sekolah ini. Sembari menunggu adzan maghrib, keluarga besar SDN Kembang Putihan yang terdiri dari bapak/ibu guru serta karyawan, komite sekolah, perwakikan orang tua serta seluruh siswa dan siswi kelas 1-6 menyimak kajian oleh Ustadz Hanif serta putrinya Syaila sebagai dai cilik yang dilanjutkan dengan buka bersama. Selepas buka bersama, siswa kelas 3, 4 dan 5 melaksanakan Pesantren Ramadhan yakni melaksanakan shalat isya dan tarawih berjamaah, tadarus al-Qur'an serta pengayaan materi keislaman bersama kakak-kakak KKN. 

Agenda Pesantren Ramadhan di hari Minggu dimulai pukul 03.00 WIB untuk Shalat Tahajud dan dilanjutkan sahur bersama. Kegiatan berakhir setelah shalat shubuh berjamaah dan kultum hingga pukul 05.30 WIB. Setelah kultum, siswa bersiap-siap pulang dengan membereskan barang bawaan dan membersihkan ruangan kelas. Setelah seluruh kegiatan Pesantren Ramadhan berakhir, mahasiswa KKN dan guru membersihkan lingkungan sekolah dan mengambil dokumentasi bersama. Kepala sekolah dan guru-guru dari SDN Kembang Putihan merasa terbantu dengan adanya kelompok mahasiswa KKN. Diharapkan mahasiswa dapat membantu dalam memberikan pembelajaran tambahan bagi murid selain pada kegiatan Pesantren Ramadhan ini. (Kho & Kia)

Reporter: Zakia Ilma Mazida 
Editor: Khodijatul Kubro