Musyawarah Bamuskal: Pemilihan Program yang akan Direview untuk Pelaksanaan Program Review

20 Februari 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 63 Kali
Musyawarah Bamuskal: Pemilihan Program yang akan Direview untuk Pelaksanaan Program  Review

Selasa, 20 Februari 2024, Bamuskal Guwosari kembali mengadakan musyawarah terkait persiapan Program Review di Kalurahan Guwosari. Musyawarah persiapan Program Review ini adalah musyawarah kedua setelah beberapa waktu yang lalu telah dilakukan musyawarah perdana yang  membahas Pembentukan Panitia Pelaksana Program Review.

Musyawarah kedua ini membahas pemilihan program yang akan dievaluasi dalam Program Review di Kalurahan Guwosari. Musyawarah dipimpin oleh ketua Bamuskal Guwosari, Bapak H. Muhaimin, S.Th.I., M.H, dan dihadiri 8 anggota lainnya. Turut hadir dalam musyawarah, Bapak Masduki Rahmad, SIP selaku Lurah Guwosari beserta jajaran pamong Kalurahan Guwosari, Bapak Titok Hariyanto selaku Distric Coordinator Alterasi Indonesia dan Annisa Nur Afifah selaku Village Organizer Guwosari. Dalam musyawarah ini, disepakati ada 2 (dua) program yang akan dievaluasi dalam Program Review. Pertama, Penyelenggaraan Pelatihan Kepemudaan Tingkat Desa/Kalurahan. Kedua, Pelatihan dan Penguatan Penyandang Difable (Penyandang Disabilitas). 

Rencana evaluasi terhadap kedua program ini bertujuan untuk menggali lebih jauh terkait efektifitas kedua program tersebut dan untuk memastikan berjalannya sistem kontrol pasca terlaksananya kedua program tersebut. Selain itu, evaluasi ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak dari  kedua program tersebut bagi masyarakat di Guwosari.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2021, Pemerintahan Kalurahan Guwosari telah melaksanakan Program Review sebagai sebuah metode evaluasi pembangunan berbasis masyarakat yang diadopsi dari Jepang. Program Review di Kalurahan Guwosari ini dilaksanakan setiap tahun di mana Bamuskal Guwosari menjadi leading sectornya. Pada tahun 2024 ini, rencananya Program Review akan diselenggarakan pada tanggal 20 Mei 2024 mendatang. (Venni)