Musyawarah Bamuskal: Pembentukan Panitia Pelaksana Program Review

23 Januari 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 84 Kali
Musyawarah Bamuskal: Pembentukan Panitia Pelaksana Program Review

Selasa, 23 Januari 2024, pukul 13.00 WIB, dilakukan musyawarah Bamuskal terkait pembentukan panitia pelaksana program review. Musyawarah dipimpin oleh Bapak Muhaimin, S.Th.I, M.H selaku ketua Bamuskal Guwosari.

Program review merupakan metode evaluasi pembangunan berbasis masyarakat yang diadopsi dari Jepang, dimana proses pelaksanaannya terbuka dan melibatkan berbagai pihak. 

Di Jepang, Program Review telah diterapkan sejak tahun 2002 oleh 145 pemerintah daerah setempat. Sedangkan di Indonesia, Program Review telah diuji coba dan diterapkan pada tingkat kalurahan di Kalurahan Guwosari dan Kalurahan Sriharjo sejak tahun 2021.

Berdasarkan hasil musyawarah, diputuskan bahwa panitia pelaksana program review terdiri dari 11 orang, dengan kompisisi 9 orang dari unsur Bamuskal dan 2 orang dari unsur Pemerintah Kalurahan. Panitia pelaksana ini diketuai oleh Bapak H. Arwan, A.Md.

Pelaksanaan program review ini diharapkan mampu mendorong sistem pemerintahan yang lebih terbuka dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengevaluasi program kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kalurahan Guwosari. (Venni)