Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pemerintahan dan Pembangunan Tahun 2024 Triwulan I

29 April 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 32 Kali
Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pemerintahan dan Pembangunan Tahun 2024 Triwulan I

Pada hari Senin, 29 April 2024 telah dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pemerintahan & Pembangunan Tahun 2024 Triwulan I. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Kerja Lurah Guwosari. Pada acara tersebut dihadiri oleh Panewu Pajangan, Kapolsek Pajangan, Danramil Pajangan, Ketua dan anggota Bamuskal 2018 – 2024, Ketua dan anggota Bamuskal 2024 – 2030, Lurah Guwosari, Carik, Kasi/Kaur, Dukuh se-Guwosari dan staf kalurahan. 

Acara dibuka oleh Bapak H. Muhaimin, S.Th.I, M.H, dengan bacaan surat Al-Fatihah. Selanjutnya penyampaian materi oleh Bapak Masduki Rahmat, SIP selaku Lurah Guwosari. Beliau menyampaikan bahwa Pelaksana Kegiatan Penyelenggaran Pemerintah Kalurahan sudah menggunakan sistem siDes https://sid.guwosari.desa.id/pemerintah secara online. Dengan adanya hal tersebut, diharapkan mampu meningkatkan tambahan penghasilan dengan tolak ukur dan secara realtime sudah update. Selain itu beliau menyampaikan penggunaan Anggaran Dana Desa, Dana Desa, Dana Lain-Lain dan Pendapatan Asli Desa. 

Bapak Umarwanto selaku Ulu-Ulu memberikan tambahan informasi bahwa realisasi per Pelaksana Kegiatan menggunakan sistem reimburse untuk mempermudah pembuatan LPJ. Apabila terdapat dana yang belum terealisasi, hal tersebut dikarenakan adanya sumber dana yang belum masuk. Selanjutnya untuk siklus pencairan saat ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya. 

Terlaksananya monitoring dan evaluasi dengan baik, memungkinkan untuk mengetahui kemajuan serta hambatan dalam jalannya program yang sedang dilaksanakan. Sehingga pelaksana mampu menanggulangi atau memperbaiki tahapan proses selanjutnya untuk mencapai tujuan program dengan maksimal. (Venni)