KKN Konversi Pajangan: Ziarah ke Makam Tokoh Pendahulu Desa Guwosari Pajangan

25 Maret 2024
KKN UIN
Dibaca 76 Kali

MAKAM GOA SELARONG (1) neww

BANTUL - Tim KKN Konversi UIN Sunan Kalijaga Kelompok Pengabdian Masyarakat Penelusuran Jejak Sejarah Islam Pajangan melaksanakan ziarah kolaboratif ke makam kuno dan sesepuh di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, pada Kamis (07/03/24) dan Sabtu (16/03/24). Ziarah dilakukan pada tiga (3) makam kuno, meliputi makam sesepuh yang terletak di dusun Kentolan Kidul dan makam kuno di atas Goa Selarong yang terletak di dusun Kembang Putihan. Kegiatan dilaksanakan sebanyak dua (2) kali. 

Ziarah pertama dilaksanakan sehabis acara penerjunan pada pukul 14.00 WIB pada hari Kamis, 7 Maret 2024. Seluruh peserta KKN dari dua (2) kelompok dengan jumlah keseluruhan 20 mahasiswa mengikuti ziarah tersebut dengan didampingi tokoh agama Desa Guwosari, Pak Khozin. Makam yang diziarahi pertama adalah makam Mbah Kyai Cempo dan makam kuno yang belum teridentifikasi di dusun Kentolan Kidul, Guwosari, Pajangan Bantul, DIY.

20240325_110848

Ziarah kedua dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 pada siang menjelang sore, pukul 15.00 WIB. Makam yang diziarahi berlokasi di atas Goa Selarong yang terletak di dusun Kembang Putihan, Guwosari, Pajangan, Bantul, DIY. Makam tersebut berdekatan dengan lokasi tanah UIN Sunan Kalijaga. Menurut warga setempat, makam tersebut ialah makam Mbah Kyai Usrek dan Mbah Kyai Secang yang merupakan guru Pangeran Diponegoro.

Prosesi ziarah berlangsung dengan salah satu mahasiswa memimpin pembacaan tahlil dan pembacaan surah Al-Fatihah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk menghargai dan juga sebagai bentuk salam ijin mahasiswa KKN kepada sesepuh yang telah berpulang mendahului. 

Setelah diadakannya ziarah kepada sesepuh desa Guwosari ini, kami mahasiswa KKN berharap dapat menyelesaikan tugas dan program kerja yang akan kami lakukan di desa Guwosari dengan baik dan lancar. (Kho)