KKN-T UAA 05 Karangber : Pendampingan UMKM dalam Pemasaran Digital dengan Pemanfaatan WA Bisnis

10 Maret 2024
Univ Alma Ata
Dibaca 34 Kali
KKN-T UAA 05 Karangber : Pendampingan UMKM dalam Pemasaran Digital dengan Pemanfaatan WA Bisnis

 

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Istilah ini merujuk pada jenis-jenis usaha yang memiliki skala kecil hingga menengah dalam hal pendapatan, aset, atau jumlah karyawan. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara, karena mereka dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta distribusi pendapatan.

Mahasiswa KKN-T UAA 2024 Kelompok 5 melakukan pengabdian di Padukuhan Karangber. Salah satu pengabdian yang dilakukan yaitu melakukan pendampingan UMKM dalam pemasaran digital dengan pemanfaatan WA bisnis. Pendampingan ini dilakukan pada tanggal 20 Februari hingga 2 Maret 2024 dari rumah ke rumah warga yang memiliki bisnis UMKM.

Beberapa bisnis UMKM yang dimiliki beberapa masayarakat yang berada di Padukuhan Karangber diantaranya, tempe, jamu, susu kedelai, dan catering. Tujuan dari pendampingan ini yaitu kami berharap masyarakat Karangber mempunyai target yang lebih luas dalam pemasaran dan dapat bersaing secara efektif di era digital dengan memanfaatkan potensi WhatsApp Bisnis sebagai sarana pemasaran yang efisien.