MERAYAKAN HARI RAYA IDUL ADHA BERSAMA MASYARAKAT DUSUN GANDEKAN GUWOSARI (KELOMPOK 4 UAA)

21 Juli 2022
Dibaca 78 Kali
MERAYAKAN HARI RAYA IDUL ADHA BERSAMA MASYARAKAT DUSUN GANDEKAN GUWOSARI (KELOMPOK 4 UAA)

 

Idul Adha atau biasa disebut idul qurban merupakan hari raya umat Muslim yang jatuh tepat pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Pada hari ini diperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. Pada hari raya ini, sama halnya seperti ketika merayakan Idul Fitri umat Muslim berkumpul pada pagi hari dan melakukan sholat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid. Setelah sholat, dilakukan penyembelihan hewan qurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban di Dusun Gandekan dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat ied. Mayarakat bersama dengan mahasiswi KKN-T kelompok 4 Universitas Alma Ata melakukan penyembelihan hewan qurban yang terdiri dari 1 ekor sapi dan 6 ekor domba.

Proses penyembelihan dilakukan oleh bapak-bapak dusun gandekan kemudian dilanjutkan dengan proses pemotongan daging yang dilakukan oleh ibu-ibu dan juga mahasiswa KKN-T. Setelah proses pemotongan daging selesai selanjutnya daging ditimbang dengan berat yang sama kemudian dibagikan kepada masyarakat dusun gandekan. Muda-mudi dan juga mahasiswa KKN-T kelompok 4 turut serta dalam pembagian daging qurban sehingga proses pembagian daging dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu.


Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah selain meneladani sikap Nabi Ibrahim AS, dapat pula dijadikan pengingat bagi kita semua untuk dapat berbagi dan mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT berikan.

 

(Kartika Wanda Damayanti-PDD)